Selasa, 21 September 2010

Lebih dulu mana : ayam atau telur?

Teka-teki klasik yang sudah sangat populer ini ternyata memancing para periset di University of Sheffiled dan Warwick di Inggris Utara dan Tengah. Hasil riset itu menunjukkan bahwa ayamlah yang lebih dulu ada sebelum telur dan rahasianya adalah pada proses pembentukan cangkang telur oleh suatu protein ayam.

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa protein itu, vocledidin-17 (OC-17), berperan dalam pembentukan cangkang telur, tetapi teknologi baru memungkinkan tim untuk menunjukkan dengan tepat bagaimana protein itu membentuk nya.

Dalam suatu simulasi komputer, terlihat bahwa protein OC-17 bertindak sebagai katalis untuk memicu pembentukankristal-kristal yang membentuk cangkang telur, dengan merekat diri ke partikel-partikel kalsium karbonat. Kemudian protein OC-17 lepas ketika inti kristal sudah cukup besar untuk tumbuh sendiri, membebaskan protein itu untuk memulai proses lagi. Cangkang telur tercipta ketika proses itu terjadi berulang dalam suatu periode singkat (media kawasan, september 2010).

Membaca artikel di atas, rupanya teka-teki iseng yang sangat klasik dan populer ini ditanggapi sangat serius oleh para ilmuwan, tentu saja ini sangat berguna bagi ilmu pengetahuan. Tetapi menurut saya, ini hanyalah teka-teki iseng yang sebenar nya jawaban nya sangat mudah sekali. Sayang, selama ini orang tidak memperhatikan pertanyaan dengan teliti.

Lebih dulu mana, AYAM atau TELUR? jelas lebih dulu AYAM, karena yang ditanyakan AYAM dulu baru TELUR. Sebalik nya kalau pertanyaannya adalah lebih dulu mana TELUR atau AYAM? ya jelas lebih dulu TELUR. Loh? ya nama nya juga teka-teki, hanya permainan kata-kata walau pun akhir nya menimbulkan hasil penelitian yang ilmiah.

Tidak ada komentar: