Senin, 28 Juni 2010

ULI PANGGANG

Ini adalah panganan khas Betawi yang jarang dikenal orang, kebanyakan yang diketahui adalah TAPE ULI yakni salah satu panganan khas Betawi yang umum nya disajikan setiap hari raya idhul fitri. Jenis nya sama, bahan nya sama yaitu ketan masak yang ditumbuk dan dibentuk menyerupai wajik. Kalau TAPE ULI adalah ULI yang disajikan dengan TAPE KETAN HITAM, ULI PANGGANG lain lagi "temannya".

ULI PANGGANG adalah ketan yang ditumbuk dan dibentuk menyerupai wajik kemudian dipanggang dan "ditemani" oleh parutan kelapa yang digongseng serta dicampur gula pasir. Satu lagi yang unik dari ULI PANGGANG ini adalah, panganan ini selalu muncul jika ada "tontonan/kemeriahan di masyarakat". Misal nya apabila ada hajatan dan tuan rumah menanggap LENONG atau LAYAR TANCEP. Atau juga seperti kemeriahan festival budaya seperti yang baru saja diadakan di Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat.

Satu lagi yang menarik, uli panggang ini lebih terkenal sebagai "jajanan" yang dijajakan di tiap acara tontonan. Jarang sekali keluarga yang membuat sendiri untuk hidangan keluarga. Jadi, apabila anda berkesempatan menyaksikan sebuah acara/tontonan betawi, sempatkan mencari dan mencicipi uli panggang ini, selain tentu saja KERAK TELOR.
Wassalam

Tidak ada komentar: