Senin, 28 Juni 2010

FESTIVAL BUDAYA BETAWI

Festival Budaya Betawi ini diadakan dalam rangka HUT Kota Jakarta, pada hari Sabtu tanggal 26 Juni 2010 di hutan kota Srengseng Jakarta Barat. Festival yang sangat meriah menampilkan aneka kesenian dan budaya Betawi, menyedot kunjungan ratusan -bahkan ribuan-, memacetkan jalan menuju dan dari lokasi acara.


Festival ini menarik bagi saya karena membuktikan bahwa Budaya dan Kesenian Betawi masih sangat eksis dan masyarakat masih begitu antusias mengapresiasi nya.
Ditampilkan tarian Betawi, Lenong, dan lain-lain. Semoga semangat pelestarian budaya tetap berjalan dan makin marak.
 Abang- None Betawi : SADAR KAMERA

TARI BETAWI : DINAMIS, MERIAH DAN EKSOTIS
LENONG BETAWI

Lenong, kesenian khas Betawi dengan pakem penceritaan seputar kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi dengan unsur-unsur cerita : sosial, keluarga, roman, dan tak ketinggalan dunia jawara. Dalam setiap pagelaran lenong kiat akan melihat ciri khas masyarakat dan budaya Betawi antara lain : busana, humor, silat, religi, gambang keromong
.
Walaupun lenong ini berkisah tentang romantika percintaan ROMLAH DAN ROMLI (dimainkan oleh sanggar betawi Universitas Mercu Buana), adegan silat dan perkelahian antara Good Guy dan Bad Guy tidak pernah ketinggalan karena silat merupakan salah satu identitas masyarakat Betawi.


Penampilan Lenong oleh Sanggar Si Pitung Rawa Belong


ANTUSIASME MASYARAKAT

Kesenian dan kebudayaan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Di tengah marak nya gonjang-ganjing isu politik, perebutan kekuasaan dan pengaruh, korupsi dan erosi moral, dua hal tersebut seharusnya makin digiatkan paling tidak sebagai pelepas kepenatan.
Wassalam

Tidak ada komentar: